Belajar tentang e-commerce sangat penting bagi UKM. Karena? E-niaga membuat bisnis lebih populer di internet. Model media pemasaran ini sangat murah dan dapat tersebar luas di seluruh Indonesia. Misalnya, e-commerce membantu para penggiat UMKM mendapatkan lebih banyak keuntungan.
Apakah Anda ingin tahu lebih banyak? Disini kami akan membagikan sesuatu tentang e-commerce, seperti penjelasan tentang e-commerce, jenis bisnis apa yang Anda jalankan, dan tips bagaimana meningkatkan profitabilitas usaha kecil dan menengah melalui e-commerce.
Penjelasan E-commerce
Sebelum kita membahasnya, mari kita jelaskan dulu apa itu e-commerce. E-commerce atau Perdagangan Online identik dengan perdagangan elektronik. Istilah ini digunakan untuk menggambarkan berbagai jenis transaksi dengan cara elektronik. Artinya e-commerce tidak digunakan untuk satu jenis transaksi saja. Jadi ini bukan hanya istilah untuk pasar. Membuka online banking termasuk memesan tiket secara online. Kegiatannya meliputi berbagai jenis transaksi dengan sarana elektronik.
Jenis-jenis e-commerce
Jika Anda ingin mengembangkan usaha kecil, menengah dan menengah melalui e-commerce, Anda harus terlebih dahulu mengidentifikasi jenis-jenisnya. Karena selain mengetahui apa itu e-commerce, Anda perlu mengetahui jenis-jenis e-commerce untuk menyesuaikannya dengan bisnis Anda. Berikut ini adalah jenis-jenis perdagangan elektronik tergantung pada pihak-pihak yang terlibat dalam transaksi:
- B2C (Consumer Business): Jenis e-commerce ini memiliki sistem dimana perusahaan menjual produk atau jasa kepada konsumen sebagai penerima akhir. Misalnya saat jual beli di toko online.
- B2B (Business to Business): perusahaan yang menjual produk atau jasa ke perusahaan lain. Misalnya, perusahaan perkantoran yang menjual produk ke kantor.
- C2C (Konsumen ke Konsumen): Orang berinteraksi dengan orang lain dan sering mengontrak pasar sebagai perantara. Kegiatan yang umum dilakukan antara lain menjual barang untuk keperluan pribadi yang masih berguna bagi orang lain.
- C2B (Consumer to Business): orang yang menjual produk atau layanan mereka kepada perusahaan. Misalnya, desainer grafis yang menjual logo ke perusahaan.
- C2A (Consumer to Government Management): Jenis perdagangan elektronik di mana transaksi dilakukan oleh individu dan lembaga pemerintah. C2A pada dasarnya adalah layanan, tetapi masih jarang di Indonesia.
Tips memberdayakan UKM melalui e-commerce
Meningkatkan usaha kecil dan menengah menjadi lebih mudah dengan munculnya e-commerce. Bagi pemula yang belum tahu, berikut beberapa tips penting untuk memulai bisnis kecil-kecilan.
1. Buat situs web
Biaya membangun situs web saat ini relatif rendah. Dengan modal hanya Rp 300.000, Anda sudah bisa mendapatkan layanan domain dan hosting selama satu tahun. Proses produksi disederhanakan dengan sistem drag and drop. Website ini digunakan untuk periklanan dan pemasaran multimedia. Selain itu, website juga dapat meningkatkan kredibilitas perusahaan. Membuat situs web dapat menjadi langkah besar bagi mereka yang ingin mengembangkan bisnis online mereka. Temukan paket hosting yang terjangkau namun berkualitas tinggi untuk mengembangkan bisnis Anda.
2. Pemasaran melalui pasar
Jangan lupa untuk memasarkan produk selain website. Saat ini, ada banyak pasar untuk dipilih. Anda dapat memasarkan satu atau lebih dari ini. Tidak seperti situs web, membuat pasar tidak memerlukan biaya finansial. Ini akan memungkinkan Anda (situs web dan pasar) untuk meningkatkan pemasaran online Anda. Ketika Anda memiliki lebih banyak uang untuk beriklan, gunakan untuk beriklan di pasar. Fitur periklanan ini membutuhkan biaya, meskipun membuat akun di pasar gratis.
3. Pengoptimalan situs web dengan SEO
SEO (optimasi mesin pencari) itu penting. Pengoptimalan ini dapat meningkatkan lalu lintas situs web Anda. Dengan cara ini, pembeli potensial menemukan produk atau layanan dengan mudah. SEO sendiri adalah kumpulan optimasi dua bagian. Yang pertama adalah SEO off-page dan SEO internal. Jika Anda tidak mengerti, Anda dapat memanfaatkan layanan SEO yang sekarang tersedia secara luas. Jika Anda tidak memiliki modal, cukup perbaiki isi artikel dan aktifkan menu navigasi situs. Tingkatkan kualitas artikel Anda agar website Anda bermanfaat untuk mesin pencari seperti Google dan Bing.
4. Optimalkan pemasaran media sosial
Seperti yang kita ketahui, media sosial saat ini banyak digunakan untuk tujuan komersial. Anda tidak harus menggunakan semua media sosial. Pilih satu, seperti Facebook. Posting daftar produk atau layanan Anda di halaman penggemar agar lebih profesional, bukan di akun perorangan. Jangan lupa untuk membagikan konten soft sales Anda agar pengunjung Anda tidak bosan dengan konten marketing yang Anda bagikan.
5. Penggunaan layanan periklanan digital (opsional)
Khusus untuk usaha kecil dan menengah dengan pendapatan yang relatif baik, mencoba meningkatkannya dengan iklan digital tidak berbahaya. Iklan digital adalah salah satu layanan periklanan di Internet. Beberapa contohnya adalah Google Ads, Facebook Ads, IG Ads, dan lainnya. Iklan ini membuat produk atau layanan Anda dikenal lebih banyak orang karena ketersediaannya yang tinggi di Internet. Namun, digital advertising hanya bersifat opsional karena digital advertising hanya cocok untuk bisnis yang sudah mapan dan memiliki uang atau modal yang cukup.
Manfaat e-commerce untuk usaha kecil dan menengah
Perkembangan e-commerce memberikan dampak positif bagi para pelaku ekonomi UKM. Mau tahu apa saja manfaat dan efeknya?
1. Pembuatan kredit komersial
Seperti disebutkan di atas, salah satu tugas situs web adalah menciptakan kredibilitas bagi perusahaan. Secara umum, mudah bagi perusahaan dengan situs web untuk mendapatkan kepercayaan dari pelanggan mereka. Anda dapat menuliskan informasi kontak seperti nomor telepon, WhatsApp, email dan alamat bisnis di website. Informasi ini meningkatkan kepercayaan pelanggan karena mereka memiliki kepercayaan diri untuk memasukkan informasi ini.
2. Dapatkan pelanggan baru dan pertahankan yang lama
Ada fitur media sosial di pasar yang disebut "Ikuti". Fungsi pelacakan memiliki nama yang berbeda di situs web, buletin. Fungsi buletin membantu setiap perwakilan perusahaan untuk memberikan informasi terbaru kepada pengikut. Misalnya, ketika Anda ingin memperbarui konten, iklan, dan lainnya. Notifikasi akan dikirimkan ke alamat email pengunjung. Fitur-fitur ini membantu bisnis memperoleh pelanggan baru dan meningkatkan loyalitas pelanggan yang sudah ada.
3. Tampilan katalog
Platform e-niaga apa pun yang Anda gunakan juga berfungsi sebagai sarana untuk membuat daftar produk atau layanan. Misalnya website yang Anda gunakan bisa dijadikan katalog dengan gambar produk dan harga lengkap dengan deskripsinya. Katalog online ini memberikan kemudahan bagi pengunjung yang menginginkan informasi lebih lanjut tentang produk atau jasa Anda. Selain itu, pengunjung juga diinformasikan mengenai harga dan manfaat produk atau jasa Anda. Anda dapat meneruskan katalog ke sistem perdagangan sehingga pengunjung dapat berbelanja online.
Kesimpulan
Dengan uraian di atas, Anda sedikit banyak akan mengetahui apa itu e-commerce. Sistem pemasaran terbukti efektif dalam meningkatkan keuntungan UKM. Praktis dan semoga bermanfaat untuk bisnis anda.